Kamis, 25 Maret 2010

Apa Tipografi itu?!

Apa Itu Tipografi ?
Tipografi yang berasal dari kata Yunani Typos = bentuk dan graphein = menulis, jadi tipografi  merupakan seni dan teknik mengatur huruf menggunakan gabungan bentuk huruf cetak, ukuran huruf, ketebalan garis, spasi antar huruf, garis pandu dan jarak antar baris.
Tipografi adalah ilmu yang mempelajari tentang seni dan desain huruf (termasuk simbol) dalam aplikasinya untuk media komunikasi visual melalui metode penataan layout, bentuk, ukuran dan sifatnya sehingga pesan yang akan disampaikan sesuai dengan yang diharapkan.
Secara modern, tipografi berkaitan dengan penataan huruf pada media elektronik, baik dari segi tampilan maupun outputnya ke berbagai media cetak.
Sedangkan secara tradisional, tipografi berkaitan dengan penataan huruf melalui media manual berupa lempeng baja yang timbul atau karet (stempel) yang timbul yang berkenaan dengan tinta dan akan dituangkan ke permukaan kertas.
(di kutip dari : Tipografi Dalam Desain Grafis, karya Danton Sihombing, terbitan Gramedia)


Kenapa Harus Belajar Tipografi ?
Tipografi memegang peranan penting dalam hal yang berhubungan dengan penyampaian bahasa non verbal dalam segala bentuk publikasi, karena kita harus tahu berapa ukuran tulisan yang akan kita gunakan, efek dan bentuk yang akan di tampilkan sehingga  pesan yang muncul sesuai dengan tujuan komunikasi yang ingin kita sampaikan kepada publik.
Sebagai contoh, dalam bahasa verbal, kita tidak mungkin berteriak-teriak untuk membujuk atau membujuk seseorang sehingga menuruti atau memahami kemauan kita. Begitu juga dalam tipografi, kita tidak mungkin membuat tulisan dengan bentuk tegas dan keras (seperti larangan parkir) untuk publikasi yang bersifat membujuk atau menawarkan sesuatu produk atau jasa. Untuk itulah tipografi ada dan di butuhkan, tentu saja dengan 
font yang menarik kalau huruf nya itu eye catching pasti kesannya yang di dapat  juga bagus. Tapi tentu saja lebih bagus kalau didukung dengan efeknya. agar lebih menarik banyak mata untuk melihat dan lebih ingin tahu lagi hal apa yang terkandung dalam gambar itu. seperti contoh gambar tipogafi ini : 




Tidak ada komentar:

Posting Komentar