Kamis, 11 Maret 2010

Berbicara tentang Desain Grafis dan Logo Apple

Ada banyak pebisnis sepatu memasang gambar sepatu, dan pebisnis baju memasang gambar baju untuk logonya. Ada banyak dari kita yang menafsirkan logo sebagai sejenis gambar atau elemen visual yang merupakan perwakilan produk. Ini sepintas kelihatan sebagai sesuatu yang wajar-wajar saja (dan secara teknis memang bisa, dan tidak ada seorang pun yang melarang untuk melakukan), namun bila tidak hati-hati, pemahaman dan prilaku ini bisa jadi akan menjadi bumerang yang justru dapat mengancam produk dan brand tersebut. Saya mengumpulkan sedikitnya empat faktor mengapa kita perlu berhati-hati dalam memilih desain logo : 
Pertama adalah faktor ikonisasi. Sebuah logo adalah perwakilan paling sederhana dari sesuatu. Ini adalah salah satu penyebab mengapa hampir rata-rata, –bahkan logo-logo kenegaraan sejak abad pertengahan (kalau itu bisa dikategorikan sebagai logo)– selalu merupakan bentukan visual yang sangat sederhana. Melalui kesederhanaanya inilah sebuah logo ini akan lebih cepat dikenali , dipahami, dimanfaatkan seoptimalnya sebagai juru identifikasi.) konisasi dari serangkaian produk akan menghadapi banyak sekali konflik sebelum betul-betul dapat menjadi ‘ikon’. Entah itu seputar keakuratan informasi visual dari produk versus kelengkapan (penyederhanaan cenderung akan membuat sebuah komunikasi menjadi kurang spesifik secara fisik, namun sebaliknya, pelengkapan informasi juga tidak lantas membuat sesuatu lebih komunikatif), efisiensi proses ikonisasi versus kesimpang siuran konseptualisasi tersebut, atau hal lainnya. Seringkali ikonisasi produk ini juga menjadi tidak mudah karena tidak semua produk mempunyai bentuk yang spesifik. Coba kita bayangkan harus dilakukan penyederhanaan seperti apa untuk menunjukkan processor dalam sebuah logo computer processor atau Wijen dalam Roti Wijen Enak Kedua faktor persaingan dan diferensiasi. Sepertinya persepsi bahwa logo harus selalu merupakan gambar perwakilan produk akan cenderung menjadikan semua penjual mie tarik punya logo yang sama - ya gambar mie lagi ditarikin itu – kalau tidak berusaha menyederhakan atau malah menambahkan elemen visual agar gambar produknya lebih spesifik lagi.

Yang menarik ialah, penjualan produk dengan jenis yang sama tidak akan persis sama bila dilakukan oleh orang yang berbeda. Ada penjual yang kekuatannya terletak di pelayanan, sementara penjual lain terletak di harga. Dalam konteks ini, penggambaran produk dalam logo seperti itu justru bisa jadi tidak menguntungkan, dan tidak komunikatif bila ternyata bukan hanya keunikan produk-lah yang dijual.

Ketiga faktor trend produk. Sebuah produk cepat lekang dimakan usia dan trend. Produk Laser Disc misalnya, mempunyai umur yang sangat pendek, produk-produk lain bisa jadi berumur lebih panjang namun semakin hari trend global semakin mendudukkan setiap produk kedalam pusaran keusangan yang semakin cepat. Dalam situasi ini silahkan bayangkan apa yang harus anda lakukan dengan logo dengan gambar sepatu kulit anda bila ternyata trend sepatu bulan depan berubah dari sepatu kulit ke sepatu setengah kulit? Apakah anda akan memutuskan untuk tetap menjual sepatu kulit, dan sulit laris, hanya gara-gara,” waduh, logonya sudah kadung pake gambar sepatu kulit, nih.” Atau anda akan rubah gambar produk tersebut menjadi sepatu setengah kulit agar anda dapat menggeser komoditi anda? Gimana nasib logo tersebut seandainya trend berubah lagi dan kemudian anda harus ekspansi atau menggeser jenis komoditi anda ke bidang fashion berbahan kulit misalnya? Silahkan bayangkan sendiri…

Keempat faktor profil pemakai/ konsumennya. Ada sebagian dari masyarakat yang tidak atau kurang tahu dan familiar terhadap produk tertentu. Ada kalangan yang tidak familiar, dan bahkan tidak kenal bentuk, warna atau seperti apa sebuah komputer misalnya. Untuk kalangan masyarakat seperti ini, bila anda keukeuh hendak menjual komputer, pemakaian gambar produk dengan sedikit eufimisme ilustrasi kartun/ maskot/ tokoh akan sangat membantu. Masyarakat bisa mendapatkan gambaran yang spesifik tentang produk anda, dengan cara yang fun. http://fahmi-life-works.blogspot.com

Namun jangan lupa, ada juga kalangan masyarakat dimana komputer tersebut sudah merupakan barang sehari-hari, sudah terlibat sedemikian akrab dan erat dengan kehidupan mereka, sudah bukan barang yang musti dikenalkan dengan cara-cara jenaka lagi. Apakah bila anda pasang gambar komputer dan mungkin ilustrasi maskot didalamnya, konsumen seperti ini akan datang ke toko komputer anda seperti ketika anda menghadapi konsumen sebelumnya ? Belum tentu. Setiap kalangan – dengan berbagai latar belakang pengetahuan, ekonomi, teknologi dan lain sebagainya – telah dan sedang tumbuh dengan melalui budaya informasi dan komunikasi yang berbeda. Begitu juga kalangan ini. Bila di kalangan sebelumnya logo produk dengan maskot kartun akan sangat efektif, bagi kalangan ini bisa jadi ditafsirkan, “ah, produk murah, produk standar, mending gua cari yang lebih pasti, lebih detail, lebih branded”Ada setidaknya dua hal paling dekaden dalam branding ketika anda memiliki sebuah logo. Pertama; merasa bahwa desain logo adalah sesuatu yang terpisah dengan desain media-media lain dari brand anda. Kedua; merasa bahwa 'kewajiban' anda dalam (visual) branding telah selesai.

Ini adalah hal-hal paling berbahaya simply karena anda tidak lantas memiliki rumah hanya dengan membuat atap. Seperti juga berbahaya untuk mempunyai sebuah atap yang asal ada saja.
Anda tidak akan mendapatkan persepsi identifikasi dan identitas brand yang kuat hanya melalui sebuah logo. Apalagi, bila logo anda dirancang sebagai sesuatu yang terpisah dengan arahan desain media-media lain yang dibuat brand anda. Apakah logo Apple akan berjaya bila yang diproduksi oleh Apple hanyalah logonya saja? Apakah logo Apple akan berfungsi optimal bila Apple tidak menginjeksikan filosofi simplisitas kedalam desain atribut brand, branding dan produk, yang dengan demikian mengembangkan arahan desain yang kurang lebih sama untuk desain logonya?

Sama seperti kapal laut, identitas visual adalah satu sistem dimana banyak bagian (media) beroperasi, saling terkait dan berbagi fungsi. Sebuah logo, hanya akan berfungsi bila terdapat media-media lain; poster, fashion, product, packaging, dsb. Dia akan menjangkarkan media-media ini. Tanpa logo, media-media dengan kemungkinan desain yang bervariasi ini akan lebih sulit diidentifikasi demikian pula sebaliknya, hampir mustahil (kecuali tentunya untuk produk-produk eksperimental) sebuah logo dapat bertahan bila tidak ada media lain untuk dijangkarkan. Logo dan sistem desain Apple, hanyalah salah satu saja dari banyak sekali contoh dimana fungsi dari logo ini pun akan menguat bila media-media lain ini didesain dengan arahan yang terintegrasi. Tidak terpisah. Karena keduanya, logo dan media visual lainnya, dilandaskan dari visi brand, positioning, diferensiasi dan image yang sama.

Apple Inc. perusahaan computer pribadi yang sangat revolusioner didirikan oleh Steve Jobs, Ronald Wayne and Steve Wozniak pada tahun 1976. Lebih dari 30 tahun, Apple Computer telah memperkenalkan berbagai produk dan aksorisnya yang dipercaya telah melampaui batas teknologi disetiap eranya . Apple Inc sekarang menjadi salah satu produsen komputer paling terkenal didunia serta memperkenalkan produk yang inovatif seperti iPods, Macintosh, QuickTime dan lainnya. Sebagai produsen komputer yang dikategorikan pioner , bentuk yang menarik serta mempunyai identitas yang kuat dalam bidang komputer. Apple sebagai perusahaan bahkan tidak memakai namanya pada logo produk tetapi logo apple merupakan salah satu simbol perusahaan yang paling terkenal didunia.

Inspirasi logo apple pertama kali ialah Isaac Newton. Isaac Newton adalah seorang filosofi, ahli matematika dan ilmuwan yang sangat terkenal di era-nya. Apple membuat logo Isaac Newton untuk pertama kalinya, karena untuk mengingatkan penemuan Isaac Newton tentang prinsip gravitasi. Yang mana Isaac Newton menemukan prisip gravitasi ini ketika ia sedang duduk di bawah pohon apel, dan kebetulan apel tersebut dari pohon persis disebelahnya.Logo yang didesain sama Ronald Wayne ini dibuat tahun 1976. Logo ini terlalu rumit dan sangat susah.

Kemudian logo diubah oleh Rob Janoff menjadi buah apel berpelangi yang digunakan dari tahun 1976-1998 yang terinspirasi . Dan sampai akhirnya berubah lagi menjadi buah apel tergigit, ini terinspirasi dari Alan Turing. berbagai macam warna yang ada di dalam logo apple lebih dikenal dengan “rainbow apple”. Hal ini yang dilakukan oleh Isaac Newton dalam percobaannya berulang kali atau kemungkinan lainnya yaitu buah pengetahuan dalam cerita Adam dan Hawa. Pada produk ‘Macintosh’ merujuk pada bermacam variasi apple. Beberapa orang percaya warna warna menggambarkan kemampuan computer Apple II. Bapak komputer modern yang mengakhiri hidupnya dengan memakan apel yang mengandung sianida. Janoff mendesain gambar gigitan pada apel juga untuk menghindarinya tampak seperti tomat merah. Sebuah ide yang sangat cemerlang dan saat ini logo Apple begitu terkenalnya.

Logo Multi-colored logo Apple telah digunakan selama 22 tahun sebelum axed oleh Steve Jobs kurang dari satu tahun setelah kembali ke Apple pada tahun 1997 Sebagai gantinya adalah logo baru yang tidak jauh dengan garis-garis berwarna-warni dan menggantinya dengan yang lebih modern terlihat monokromatik yang diambil pada berbagai ukuran dan warna selama beberapa tahun.. Keseluruhan bentuk logo, bagaimanapun, tetap tidak berubah dari awal aslinya 33 tahun yang lalu.
The Monokrom Logo: 1998 - Present
Bermain-main dengan salah satu logo yang paling dikenal di dunia itu tidak dilakukan hanya karena Steve Jobs selalu mencari untuk mengubah semuanya.. Ketika Jobs kembali ke Apple pada tahun 1997, perusahaan investasi, dan Jobs dan Co menyadari bahwa logo Apple bisa memanfaatkan untuk keuntungan mereka. Itu berarti bereksperimen dengan logo yang lebih besar agar lebih menonjol. Jika bentuk logo Apple dikenali secara universal, mengapa tidak meletakkannya di mana orang bisa melihatnya?

Logo berwarna pelangi mungkin selalu menjadi sumber nostalgia untuk penggemar Mac, tetapi Apple logo monokrom memungkinkan fleksibilitas yang lebih besar ketika datang ke merek produk-produknya. Selain itu, Steve Jobs tidak tepat untuk tipe terbungkus dalam perasaan hangat kabur nostalgia. Ketika Jobs kembali ke Apple, ia perlu untuk mengubah citra Apple dari sebuah perusahaan gagal menjadi yang mampu mengaduk-aduk ramping dan bermata produk, dan ia membutuhkan sebuah logo baru yang sesuai. Ini tidak muncul kemungkinan bahwa Apple akan perubahan atas logonya lagi dalam waktu dekat, tapi satu hal yang pasti akan tetap adalah bentuk logo itu sendiri.

Waktu dan lagi, ketika kita melihat apa yang kita kenali sebagai keindahan, proporsinya sesuai dengan urutan ini. Ini memiliki kualitas sendiri seperti keindahan linear, menarik untuk baik otak kiri alam tetapi juga menangani berotak kanan keindahan-alam luas. Ini pengakuan dari arketipe-inklusif berlawanan unified-membantu untuk membangun kehidupan yang panjang dan logotype ini merupakan prasyarat untuk simbol sejati.
Apel menjembatani kesenjangan antara manusia dan mesin. Steve Jobs 'pilihan untuk mengikuti apa yang membuatnya tertarik secara emosional menyebabkan estetika pertama komputer dan membuka dunia baru yang sama sekali untuk desainer. Hari ini, logo Apple mudah diidentifikasi di seluruh dunia. Simbol yang didasarkan pada mitos dan bentuk. Akar dari peradaban kita, apel telah simbolis pengetahuan. Seperti kita ketahui, Adam dan Hawa makan apel, dikeluarkan dari kebun, dan kehidupan, seperti yang kita ketahui, kehidupan dimulai-evolusi melalui pengetahuan dan kesadaran yang meluas. Jadi apel dengan gigitan dari itu melambangkan kesadaran akuisisi.

Dalam hal bentuk, apel pada dasarnya bulat.. Lingkaran adalah simbol persatuan dalam setiap kebudayaan sepanjang waktu.. Kita terpisah keluar dari keutuhan alam semesta, secara harfiah pada tingkat sel seperti yang kita berubah menjadi kemanusiaan, dan kemudian selama kelahiran.. Kami berjuang dalam cinta dan kehidupan untuk menciptakan kembali bahwa kesatuan.. Perkawinan adalah contoh dari kembali ke kesatuan: dua berlawanan bersatu kembali untuk menciptakan pola dasar keseluruhan.. Logo Apple juga menghubungkan dengan konsep ini kembali dengan partisipasi aktif makan apel atau menelan pengetahuan dengan mengambil menggigit keluar dari semua-mengetahui.. Penguatan mitos dengan simbol-simbol bentuk menciptakan logo yang sangat kuat memang. Cerita dan visual yang sesuai dengan maksud mengubah dunia melalui evolusi pengetahuan, dienkapsulasi dalam pandangan sesaat.


Menggunakan Intuitif pada Desain Logo Apple. Dalam dunia sarat informasi, adalah mutlak penting bahwa mempekerjakan seorang desainer berpikir kritis melalui pemahaman intuitif sambungan saat memanfaatkan citra visual. Tanggapan menginformasikan akses: Apa yang kita intuisi meletakkan dasar-dasar tindakan kita. Jika Anda tidak membuat hubungan, hubungan itu hilang.. Sadar studi symbolics jumlah, bentuk, dan mitos mengatakan pikiran kita apa intuisi kita sudah tahu. Ini melengkapi siklus sinaptik dengan menghasilkan karya yang sekaligus efektif, estetis dan etis. Hal ini efektif karena pertandingan intuitif mengarah pada peningkatan pemahaman melalui pengenalan awal konsep yang lebih besar dan merupakan rute terpendek antara dua titik; estetika karena kesesuaian mengarah ke elegan dan etis karena ketika konten yang tidak perlu atau tidak patut dihilangkan, kebenaran yang diwahyukan dan sesuatu dalam lingkup yang lebih besar harus dipelajari.

Salah satu layanan terbesar kita bisa berikan sebagai seorang perancang dan pemikir sebuah logo adalah untuk menerapkan prinsip-prinsip sederhana ini untuk lebih respons-kemampuan manusia. Bagaimana cara gambar atau tampilan visual tersebut itu akan untuk benar-benar menerima nilai dari perusahaan periklanan dan identitas serta manfaat pesan bahwa secara keseluruhan kualitas hidup kita, hanya melalui tindakan sederhana masuk akal.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar