Minggu, 29 Maret 2020

Minuman Rempah-Rempah Untuk Imun Tubuh

Pada akhir Februari 2020 sangat diresahkan oleh virus covid-19 atau yang lebih dikenal dengan virus corona yang terjadi di Wuhan China lalu menyebar dengan sangat cepat hingga memakan banyak korban, sehingga WHO mengumumkan bahwa Corona Virus Covid19 ini sebagai Pandemik yang berarti wabah yang menyebar luas di suatu kawasan, benua bahkan di seluruh dunia, termasuk Indonesia saat ini.

Panik dan resah, tentu saja dirasakan tiap mendengar berita angka penyebarannya di Indonesia, yang dapat dilakukan dalam kondisi seperti ini adalah berdoa, dan berusaha semaksimal mungkin agar terhindar dari virus ini. Langkah-langkah yang harus dilakukan tentu sudah banyak tersebar dari pemerintah dan instansi kesehatan, agar kita dapat meminimalisir penyebaran bahkan antisipasi agar tidak tertular, beberapa di antaranya

  1. Menjaga kebersihan juga Mencuci tangan dengan baik dan benar
  2. Jangan terlalu sering menyentuh wajah, hindari kontak langsung dan menjaga jarak dengan manusia lainnya, hindari berkumpul dan tempat ramai, serta menaati himbauan pemerintah saat ini untuk #dirumahaja sampai waktu yang ditentukan
  3. Tetap berolah raga dan bergerak aktif, berjemur dibawah sinar matahari pada jam 10 pagi selama 15 menit agar tubuh mendapatkan asupan vitamin D
  4. Mengkonsumsi makanan bergizi, dan menjaga sistem imun tubuh kita dengan vitamin dan makanan dan minuman pendukung.

Berbicara soal sistem imun tubuh, belakangan ini banyak sekali artikel maupun tulisan di media sosial yang mengklaim bahwa minuman yang terbuat dari rempah-rempah yang sering kita jumpai dan dipakai sebagai bumbu dapur, rempah-rempah yang dimaksud seperti jahe putih dan jahe merah, kunyit, sereh, temulawak terdapat banyak sekali manfaatnya untuk tubuh kita, mulai dari menambah stamina tubuh, melancarkan siklus kewanitaan, program hamil, pencegahan berbagai penyakit.
apakah benar demikian?

Saat bulan Ramadan 2019, aku menemukan instagram dr. Zaidul Akbar, beliau memperkenalkan bagaimana cara memperlakukan tubuh dengan memberi nutrisi terbaik dari produk-produk alami yang sudah Allah ciptakan di Bumi ini. beliau juga banyak menjelaskan apa-apa saja yang sebaiknya kita konsumsi dan tidak. penjelasannya sangat lugas di laman instagram beliau bahkan beberapa kajian di youtubenya pun dengan mudah kita bisa temukan. akhir februari 2020 beliau juga mengeluarkan buku yang masih berkaitan dengan cara hidup sehat.



Setelah membaca dan mengamati penjelasan-penjelasan beliau barulah aku memulai dan mencoba membuat minuman dari racikan rempah-rempah dirumah, minuman ini dikenal dengan sebutan, "Ramuan Rimpang". apa itu rimpang ?
menurut KBBI adalah modifikasi batang tumbuhan yang tumbuhnya menjalar di bawah permukaan tanah dan dapat menghasilkan tunas dan akar baru dari ruas-ruasnya.
Beberapa contoh rimpang yang dapat digunakan untuk minuman


Jahe

Jahe mengandung vitamin C dan zat Magnesium yang dapat memperkuat sistem imun tubuh. selain kedua zat tersebut, jahe juga memiliki kandungan gingerois, shogaois, dan zingerones yang berfungsi sebagai antioksidan bagi tubuh. Zat Gingerois dalam jahe juga dapat menangkay virus dan bakteri serta dapat mencegah kerusakan DNA dan stress. Meminum sari jahe hangat dapat memicu keluarnya keringat yang membantu proses detoksifikasi.

Kunyit

Kunyit memiliki zat akktif kurkumin yang merupakan antioksidan yang bekerja dengan menghambat enzim inflamasi (peradangan) dalam tubuh. Kurkumin juga dapat meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh dan melindungi tubuh dari penyakit yang merusak sel akibat radikal bebas, mengkonsumsi kunyit dengan tidak berlebihan.

Batang Sereh

selain beraroma segar dan dapat sebagai aroma terapi, dan penyedap pada masakan, Batang sereh jugs memiliki antri inflamasi, selain itu batang sereh juga memiliki anti mikroba yang dapat mencegah gangguan kesehatan flu, sakit tenggorokan dan pencernaan.

Racikan Ramuan Rimpang



  • Aku memulai membuat dengan komposisi 1 liter air, 1 buah jahe dan jahe merah yang berukuran agak besar, 1 buah kunyit  seukuran kelingking, 2 batang sereh semuanya diiris lalu direbus bersama dengan api kecil.
  • Setelah beberapa saat aku juga memasukan beberapa rempah-rempahh seperti cengeh dan  kayu manis, tunggu sampai mendidih lalu matikan.
  • diamkan sebentar hingga hangat dan bisa dipindahkan botol kaca untuk dijadikan infuse water.
  • Air dapat langsung dituang ke gelas dan diminum, bisa juga dicampus madu untuk menambahkan rasa manis atau perasan lemon agar lebih segar.
  • bisa dikonsumsi maksimal 12 jam 


Harapan kita semua, dengan melakukan berbagai anjuran pencegahan diatas penyebaran virus ini tidak semain meluas. dan yang sudah terkena dapat kembali sembuh dan berkumpul kembali dengan keluarga.
semoga dengan berbagai ikhtiar dan tentunya doa kita semua dilindungi oleh Allah dan kondisi dunia khususnya Indonesia kembali pulih.
Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar